Sedekah Bumi Desa Karimun Jawa

Sedekah Bumi Karimunjawa, merupakan tradisi dan kebudayaan lokal pulau karimunjawa, dengan niat tulus bersyukur apa yang telah di berikan Tuhan Yang Maha Esa kepada masyarakat pulau karimunjawa, sedekah bumi yang berlangsung di karimunjawa ini sangat ramai, banyak sekali kesenian daerah yang dulu hampir punah kini kembali dipertontonkan dengan tujuan untuk melestarikan budaya dan tradisi lokal yang berapa di desa karimunjawa. mulai dari tari tarian, pencak silat, dan lain lain. Nuansa dekorasinya pun sangat kental dengan alam yang ada di desa karimunjawa.

Melestarikan Budaya dan Kesenian Karimunjawa

Sedekah Bumi Desa Karimun Jawa

Sedekah Bumi Desa Karimun Jawa

Sedekah Bumi Desa Karimun Jawa
Karimunjawa salah satu tujuan wisata internasional membuat para pemuda kreatif di desa karimunjawa memutar otak bagaimana agar kebudayaan lokal dan budaya khas karimunjawa jangan sampai tergilas dengan masuknya budaya luar yang sering kali membuat lupa dengan budaya dan tradisi kebudayaan kita sendiri.

Lokasi dan Waktu Sedekah Bumi Karimunjawa

Acara yang berlangsung di dekat makam Joyo Kusuma ( salah satu sesepuh desa karimunjawa ) berjalan sangat meriah, berlokasi di Kali (sumber air yang tidak pernah habis) masyarakat karimunjawa memanjatkan puji syukur dan berdoa untuk semua kebaikan semua warga desa karimunjawa. Acara sedekah bumi ini sendiri dilaksanakan di bulan Apit (penanggalan Jawa)

Subscribe to receive free email updates: