Indahnya Pulau Cilik Karimunjawa

Pulau Cilik Karimunjawa ini memang benar-benar cilik (kecil) Pulau yang terletak di sisi timur Pulau Karimunjawa ini menjadi bagian dari zona penyangga Taman Nasional laut Karimunjawa. Pulau Cilik merupakan salah satu dari delapan pulau yang digunakan untuk daerah wisata bahari dan nelayan. Sesuai dengan namanya, pulau ini hanya sekitar 2 hektar. Terdapat dermaga kayu cantik bagi perahu yang ingin merapat. Apabila berjalan di atas dermaga, puluhan dan bahkan mungkin ratusan ikan dari berbagai spesies terlihat jelas berenang di perairan di bawah dermaga yang sangat jernih.
Indahnya Pulau Cilik Karimunjawa
Indahnya Pulau Cilik Karimunjawa

Pondok Kayu

Di Pulau Cilik Karimunjawa terdapat pondok kayu yang merupakan tempat peristirahatan sang empunya pulau, bagian pinggir dihiasi oleh pohon cemara dengan beberapa pohon kelapa menjulang di antaranya sehingga tampak sebuah pulau kecil yang menakjubkan. Menjelajahi pulau tidak memerlukan waktu yang lama mengingat betapa kecil luasnya pulau. Berjalan menyisir garis pantai berpasir putih, terlihat sebuah pasir yang memanjang di bagian belakang pulau yang sering disebut penduduk karimunjawa sebagai Gosong atau gosongan yaitu menyebut daratan pasir tanpa vegetasi apapun. Gosongan ini bisa berada di tengah laut atau "menempel" pada sebuah pulau. Tak ada tanah, hanya pasir putih lembut belaka yang menghiasi gosong Pulau Cilik ini. Seekor burung camar berwarna hitam nampak berjalan pelan di sepanjang tepian gosong, entah sedang mengintai mangsa atau tengah beristirahat sebelum kembali mengepakkan sayap di atas lautan.

Spot Snorkeling Pulau Kecil

Air laut yang segar dan beningnya laut memikat kita untuk segera terjun dan bersnorkeling ria untuk menikmati pemandangan bawah laut. Sekelompok ikan badut dan ikan layaran menyambut dan berenang bersama kita tanpa ada rasa takut kehadiran manusia. Ketakjuban muncul ketika kita memegang roti ditangan dan gerombolan ikan berdatangan ketika remahan roti bertebaran sebagai tanda persahabatan dengan ikan. Hamparan terumbu karang yang berwarna-warni bersebaran ketika kita melihat ke bawah, ikan bermunculan warna-warni tanpa ada kekhawatiran menambah suasana menyenangkan tiada tara. Ikan kepe-kepe berwarna kuning hitam dan biru hijau berkeliaran dengan lincah diantara terumbu karang memanjakan mata kita. ketika kita lihat lebih jeli ke biota laut yang disebut anemone, kalau beruntung, Anda akan menemukan ikan badut bersembunyi dan muncul memainkan ekornya di anemone.

Subscribe to receive free email updates: